Minggu, 05 Juni 2016

Resensi Buku: Khadimah1 Sang Pangeran Oleh : Naswati




Judul : Tenaga Kerja Istimewa (TKI)
Penulis : Naiqueen
Tahun Terbit : 2015
Tebal Buku : 362
Harga Buku : 69.000
ISBN : 978-602-291-120-3

“Sejujurnya,aku tidak perduli ini akan menjadi pernikahan yang sah atau tidak ... yang aku butuhkan hanya dirimu, sebagai aib paling manis bagi keluarga El Talal.( hal.35)”
Kisah tentang Annisa Cahyawulan gadis yang memutuskan menjadi TKW (Tenaga Kerja Wanita) ke Saudi Arabia. Kondisi keluarganya yang baru ditinggal oleh sang ayah memaksanya bekerja menjadi TKW. Siapa sangka pemikiran tentang kerasnya kehidupan TKW di Saudi Arabia justru tidak dialami oleh Annisa. Pertemuannya dengan pangeran keluarga El-Talal membawanya pada pernikahan. Pangeran Yousef yang patah hati karena ditinggal oleh tunangannya yang justru menikah dengan sepupu jauhnya. Pernikahan itu terpaksa dilakukan Annisa, dirinya tidak akan mampu melawan pangeran. Janji pangeran yang akan memulangkannya setelah perjanjian itu membuatnya menerima keinginan pangeran.
Setelah pernikahan Annisa harus siap dengan konsekuensi dikucilkan oleh keluarga bangsawan lainnya karena statusnya. Sikap Pangeran Youseuf ternyata tak sedingin yang Annisa kira. Youseuf adalah pria yang ramah dan baik. Semakin mengenal Youseuf menimbulkan perasaan asing bernama cinta dihati Annisa. Kehadiran Putri Muna mantan tunangan pangeran membuat hatinya cemburu. Semua perasaannya terasa tidak mungkin mengingat perjanjian kontraknya dengan pangeran. Kegalauan hati Annisa bertambah ketika bertemu Putra pria Indonesia menaruh hati padanya.
Naiqueen berhasil membuat pembaca tertarik lewat kisah percintaan pangeran dan khadimah. Cerita yang akan mengingatkan kita pada kisah klasik cinderela. Dialog-dialog cerdas antara Annisa dan Pangeran Youseuf membawa kita pada relitas budaya Arab dan Indonesia yang demikian berbeda.
Buku ini menggunaan bahasa dan kata yang mudah dimengerti. Pemakaian bahasa Arab yang tidak terlalu banyak memudahkan pembaca yang mayoritas tidak mengerti bahasa Arab. Namun kertasnya yang tipis membuat pembaca harus berhati-hati ketika membuka halamannya.
Mengenai pengarang Naiqueen merupakan nama pena yang digunakan Alya Zaltanika. Naiqueen berasal dari Nai ratu gelar adat Suku Komering Ulu yang didapatkan setelah Alya menikah.
Awalnya Tenaga Kerja Istimewa terkenal ketika Naiqueen menulisnya dalam situs Wattpad. Respon pembaca yang begitu besar membawa novel Naiqueen ini akhirnya diterbitkan oleh penerbit mayor Bentang Pustaka. Sebelumnya penulis telah menulis cerpen “Love at the First Sniff” dalam kumcer Secret Lust. Serta karya indie yang berjudul Just Love.
1.Pelayan
2.Sastra Indonesia, 2014. 2 sis

2 komentar:

  1. identitas buku dalam resensi tersebut ada baiknya dipaparkan dalam bentuk narasi bukan dengan poin-poin seperti di atas. kemudian pada paragraf ke 6 hanya terdapat 2 kalimat, yang mestinya dalam 1 paragraf minimal terdapat 3 kalimat untuk memenuhi unsur kelengkapan.

    BalasHapus
  2. Seperti komentar Ummi di atas, saya menyarankan sebaiknya identitas buku dijelaskan dalam bentuk narasi.

    Selain itu, dalam resensi ini penulis resensi tidak menjelaskan bagaimana teknik buku. Apakah sampul, kertas, dan jilidannya bagus atau tidak.

    Pencantuman catatan kaki juga saya rasa agak membingungkan bagi pembaca resensi, karena dalam resensi ini tidak terdapat kata yang diberikan tanda angka 1 dan 2 di atasnya.

    BalasHapus