Sabtu, 04 Juni 2016

MERINGKAS SKRIPSI
“Representasi Tokoh Pocong dalam Penulisan Kreatif di Twitter ( Studi Kasus Novel Poconggg Juga Pocong Karya Arief Muhammad)”
oleh Ulya Yurifta
2.1  Twitter
2.1.1 Definisi twitter
Twitter adalah jejaring sosial yang banyak digunakan oleh kalangan saat ini yang dapat menerima pesan sepanjang 140 karakter. Twitter dapat diakses menggunakan internet dengan kecepatan yang lambat, karena tidak memasukkan foto dan video. Seseorang penulis pesan atau tweet di Twitter di sebut author.
2.1.2 Konten Twitter
Twitter mempunyai logo tersendiri, yang berlambangkan burung yang berwarna biru, atau sering di sebut “Larry the Bird”, yang dinamai oleh seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird. Berikut fitur-fitur yang dimiliki oleh Twitter : Tweets atau kicauan berisi update status dari pengguna. Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan hastag atau dengan lambang (#) sedangkan untuk membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan mention atau dengan lambang  (@). Retweet. Retweet yang bisa di singkat menjadi RT adalah pengulangan suatu tweet. Home. Home atau yang bisa disebut sebagai halaman utama adalah menampilkan tweet-tweet yang kita ikuti akunnya(following). Profile. Pada bagian profile, akan muncul akun profile kita, yang berisi: nama panjang, nama akun twitter, biodata, pengikut kita(followers), yang kita ikuti(following), halaman web, dan terkahir lokasi. Followers. Followers adalah seseorang dari pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Jika kita menjadikkan balik seseorang tersebut, maka tweets atau kicauan dia akan masuk dalam home kita. Following. Following merupakan kebalikannya dari followers, following merupakan aku seseorang yang kita ikuti dan tweet/kicauan yang kita ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama. Mentions. Mentions merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung memadai seseorang yang akan diajak berbicara. Favorite. Kegunaan dari favorite adalah untuk menandai kicauan yang ingin kita simpan dan tidak bisa hilang. Direct message. Singkatan dari direct message sendiri adalah DM, DM ini bersifat pribadi, hanya antara si pengirim dan yang menerimanya lah yang bisa melihat. Timeline. Timeline merupakan isi atau kumpulan dari akun yang kita ikuti, dan bisa juga yang mengikuti kita akan masuk kicauannya di dalam timeline kita, jikalau kita ingin berteman balik dengannya. Hastag. Penanda yang ditulis didepan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis dengan kita, hastag disini berlambangkan (#).Trending tropic. Trending tropc adalah topik yang sedang banyak dibicarakan oleh banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan.


2.1.3 Sejarah twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter.Inc sejak tahun 2006 oleh Jack Dorsey, twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.
Kemunculan dalam twitter di peloporkan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey. Dan awalan nama twitter adalah bukan twitter, yaitu twttr. Setelah di sahkan oleh Dorsey, barulah twttr menjadi Twitter. Sosok yang juga membantu perubahan twttr menjadi Twitter yaitu: Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone. Evan Williams, salah satu pendiri Twitter mengungkapkan bahwa pihaknya harus membayar USD 7.500 atau sekitar Rp. 70 juta untuk membeli domain Twitter.com ketika mereka mengurus perubahan nama dari twtrr ke Twitter.
2.1.4 Mendongkrak Kepopuleran dari Twitter
Penggunaan dalam twitter akan menjadi lebih aktif jika ada kejadian yang menonjol, seperti pada tahun 2010, adanya piala dunia, banyak pengguna twitter yang berkicau hingga 2940 kicauan perdetik. Dengan contoh lain dengan meninggalnya penyanyi Michael Jackson, ada 100.000 kicauan, dan banyak juga yang menggunakan hastag(#).
2.1.5 Kekuatan Twitter
Twitter di dirikan pada tahun 2006, dan twitter sudah mengalahkan akun sosial media lainnya. Yang dimana pada dasarnya konsep twitter adalah evolusi dari pesan melalui media mobile.
2.1  Cybersastra
Cyber berarti tidaklah berdiri sendiri. Cybersastra berkaitan dengan kemampuan seseorang kemajuan teknologi komunikasi. Salah satu yang memanfaatkan cybersastra melalui twitter adalah Arief Muhammad. Arief Muhammad menerbitkan novel PJP. Fenomena kicauan sastra ini khususnya novel PJP merupakan perkembangan cybersastra di Indonesia. PJP dikatakan sastra populer karena tema acara penyajian teknik Bahasa dan penulisannya mengukuti pola umum yang tengah digemari masyarakat pembacanya yang menjadi populer di Indonesia.
2.2.1 Cybersastra yang memanfaatkan twitter
Selain Arief, seorang penulis novel dari San Fransisco, Amerika Serikat nekat mengadu peruntungan di twitter. Matt Stewart baru saja menyelesaikan novel berjudul “The French Revolution” sebanyak 480 ribu karakter. Stewart kesulitan menemukan penerbit, ia beralih ke twitter. Dia memecah novelnya menjadi 3.700 bagian.


2.2  @poconggg
2.3.1 Ide pembentukan akun @poconggg
Pada bulan Maret 2010, Arief berpikir keras akan eksistensinya lewat akun twitter, agar makin membuat penasaran, ia menyembunyikan dari sosok followers. Namun, akhirnya ia maju sendiri tanpa ada yang tahu bahwa ia adalah Arief Muhammad.
2.3.2 Perkembangan akun @poconggg
Selain membuat sebuah akun di twitter. Pemilihan nama ini diambil dari salah satu jenis hantu yang cukup fenomenal. Awalnya, tidak ada satupun yang mengetahui identitas poconggg tersebut, barulah pada bulan September 2011, identitas si poconggg dibongkar oleh seseorang yang tidak diketahui identitasnya sama sekali.
2.3.3 Transformasi poconggg: dari twitter ke buku

Arief Muhammad, adalah salah seorang mahasiswa fakultas hukum Universitas Trisakti Jakarta. Selain jadi selebritas di dunia maya, ia juga bertransformasi menjadi penulis. Ia menghasilkan buku Pocong Juga Pocong setebal 200 halaman melalui penerbit bukune. Kesuksesan buku PJP juga berhasil diangkat menjadi sebuah film dengan judul yang sama. 

4 komentar:

  1. Setelah membaca ringkasan teori skripsi yang dibahas oleh Ulya Yurifta, menurut saya ringkasan ini dinilai baik karena sudah menunjukan kepadatan paragraf sehingga pembaca mampu menilai inti dari yang dibahasnya. Jika melihat isinya, antara judul dan skripsi telah menunjukkan korelasi. Namun, ada sesuatu yang menurut saya kurang yakni teori yang dibahas. Sebab didalam ringkasan ini lebih banyam ditonjolkan mengenai objek kajiannya daripada teori yang akan digunakan. Terima Kasih.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Saya setuju dengan Nita, dalam ringkasan yang dibuat oleh Ulya Yurifta, teori yang dibahas masih kurang dan lebih menekankan kepada objek kajiannya. Bahasa yang digunakan oleh Ulya sudah jelas dan mudah dipahami namun ada beberapa paragraf yang tidak memiliki unsur kelengkapan, dimana dalam sebuah paragraf minimalnya terdapat 3 kalimat. Namun dalam subbab 2.1.4 dan 2.1.5 masih terdapat 1 paragraf yang hanya terdapat 2 kalimat.

    BalasHapus
  4. Maaf ini dapet data darimana ya? Ini judul skripsi saya dan sepertinya anda cuma merangkum saja apa yg sdh saya kembangkan di skripsi yg saya buat.

    BalasHapus