Sabtu, 04 Juni 2016

Bunda Lisa: Samudra dan Angkasa yang Bernyanyi Memeluk Mimpi Oleh Ganesa Sangga Buana

Penulis: Jombang Santani Khairen
Editor: Hermawan Aksan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama, Februari 2014
Tebal: XIII + 268 halaman
ISBN: 978-602-03-0223-2

Tulisan akan terasa berasa jika memang benar benar orang yang ada di tulisannya itu memang benar adanya.Apalgi bisa menjadi panutan untuk para pembaca tulisan itu.Bunda Lisa yang dibawakan dalam sebuah bentuk novel ini sangat menarik.Ditulis oleh seorang sastrawan muda yang bernama Jombang Santani Khairen.Dengan bertemakan keluarga dan semua cerita itu dimulai.Novel ini menceritakan sosok wanita yang bernama Lisa.Bersuamikan seorang dosen di salah satu Universitas Negeri di Indonesia dan memiliki dua anak yang menempuh pendidikan di Luar Negeri.Perjuangan yang ditampakan oleh Jombang  sebagai penulis untuk Lisa sungguh membuat hati ingin sedih.Saat suaminya menyelesaikan pendidikan untuk menjadi guru besar,peran lisa sangat besar.Disaat suaminya mulai putus asa dan memang finansial di keluarganya pas-pasan,lisa dengan semangat menyusul ke negeri seberang untuk memberi semangat kepada suaminya. Perjuangan anak anaknya yang menempuh pendidikan di luar negeri pun menambah warna dalam novel ini.2 anak yang berusaha hidup di kerasnya cosmopolitan dan jauh dari orang tua merupakan beban sendiri untuk orang tua.Dan perjuangan dalam mendirikan sekolah kutilang yang tadinya hanya untuk warga sekitar yang kurang mampu dan akhirnya memiliki banyak murid.

            Dibawa dengan alur mundur oleh penulis untuk mengetahui bagaimana cikal bakal sekolah kutilang itu,perjuangan mendorong suaminya dan anak anaknya.Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan enak untuk dibaca.Banyak nilai yang bisa diadopsi untuk semua kalangan.Dengan bahasa dan jalan cerita yang asik,buku ini sangat cocok untuk dibaca semua kalangan juga.Buku ini layak untuk masuk list bacaan yang menginspiratif. Untuk para calon ibu bisa dijadikan motivasi dan untuk para pria pun bisa untuk lebih mengerti pasangan hidupnya.Bahwa yang saling memotivasi itu akan bahagia walau  terhimpit cobaan .

3 komentar:

  1. Alangkah lebih baik lagi jika identitas buku di narasikan dan bukan berupa point-point supaya pembaca bisa membacanya secara langsung dan tidak terpotong-potong.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Alangkah lebih baik lagi apabila masalah teknik yang menyangkut perwajahannya (layout), kebersihan, dan pencetakannya tidak hanya dalam bentuk peta konsep saja tapi juga dinarasikan.

    BalasHapus