Rabu, 23 Maret 2016

Tanggapan Resensi Buku Melipat Air karya Agus Dermawan T



Oleh Nopriandi Saputra
2125143345
Sejujurnya jika saya harus berkomentar tentang resensi ini menurut saya resensi yang dibuat oleh Hendro Wiyanto sudah sangat bagus, karena jika kita mengacu pada buku Gorys Keraf tentang teori resensi ini, Hendro Wiyanto sudah mengikuti apa yang dijelaskan dalam bukunya Gorys keraf yaitu hubungan paragraf perparagraf pada resensi ini sudah relevan dengan menjelaskan sedikit isi cerita diawal paragraf supaya si pembaca terbawa oleh apa yang ingin ia sampaikan. 
            Resensi ini juga memiliki judul yang menarik, yaitu pesan dagang dan pesan politik yang menceritakan tentang kehidupan tiga orang tionghoa yang hidup pada masa kehidupan politik indonesia baru dibangun. walaupun buku ini terlihat berat untuk dibaca bagi pembaca pemula, tetapi disini ia membuat resensi ini menjadi mudah dipahami karena Hendro Wiyanto menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
            Secara keseluruhan resensi ini adalah resensi yang bagus dari latar belakang, isi, keunggulan buku dan nilai buku dipaparkan dengan rapih sesuai dengan yang di anjuran buku Gorys Keraf tentang teori resensi walaupun akan lebih baik lagi apabila pada identitas buku dibuat menjadi sebuah narasi bukan point-point supaya perhatian pembaca bisa terfokus pada satu teks.

1 komentar:

  1. Tanggapan ini memang memiliki struktur paragraf yang cukup baik, tapi isi dari tanggapan ini tidak tepat. Karena apabila melihat dari teori Gorys Keraf, resensi itu tidak memiliki unsur-unsur yang sesuai dengan teorinya.

    BalasHapus