Rabu, 23 Maret 2016

Tanggapan Terhadap Resensi Buku Melipat Air: Jurus Budaya Pendekar Tionghoa



Oleh Mia Karnia Sari

Belum ada kesan mendalam terhadap hasil resensi buku Melipat Air: Jurus Budaya Pendekar Tionghoa oleh Hendry Wiyanto ini. Menurut Bapak Keraf dalam bukunya yang berjudul Komposisi yang berbicara seputar resensi, hasil resensi Hendry ini kurang menyediakan informasi yang terkandung pada resensi-resensi secara umum. Bisa dikatakan bila hasil resensi Hendry di sini kurang lengkap unsur-unsurnya.
Menurut teori resensi yang telah saya baca, hasil resensi Hendry ini belum menyertakan latar belakang penulis dalam meresensi buku Melipat Air ini secara implisit. Hendry cenderung mengulas isi buku dalam intensitas yang terlalu banyak hingga kurang memberikan sensasi membaca resensi pada umumnya bagi saya. Pada tahapan ini, saya kurang mengerti maksud dari Hendry mengapa ia akhirnya memutuskan membuat resensi buku tersebut tanpa menyertakan latar belakang yang sejujurnya.
Hasil resensi ini juga belum menyebutkan jenis buku seperti apa Melipat Air di sini. Tak jarang identitas terkait jenis buku juga menjadi hal ikhwal yang dicari pembaca dalam hasil resensi seseorang. Hal inilah yang akan memperkuat alasan pembaca resensi untuk turut membaca buku yang telah diresensi sebelumnya.
Menurut saya, kesuksesan sebuah resensi dalam memotivasi pembaca terdapat pada kelengkapan unsur-unsur yang membangunnya, khususnya latar belakang yang disertakan peresensi dalam rangka memotivasi pembaca agar memiliki ketertarikan yang sama terhadap buku yang telah diresensi sebelumnya.


1 komentar:

  1. Setelah membaca tanggapan Mia Karnia Sari terhadap resensi buku Melipat Air, ada beberapa keganjilan, yaitu pada paragraf awal kalimat kedua "Menurut Bapak Keraf dalam bukunya yang berjudul Komposisi yang berbicara seputar resensi, hasil resensi Hendry ini kurang menyediakan informasi yang terkandung pada resensi-resensi secara umum." terkesan seperti Gorys Keraf yang mengatakan bahwa resensi tersebut kurang menyediakan informasi yang terkandung pada resensi secara umum.

    Lalu, pada paragraf selanjutnya "hasil resensi Hendry ini belum menyertakan latar belakang penulis dalam meresensi buku Melipat Air ini secara implisit." mungkin yang dimaksud Mia adalah eksplisit. Karena implisit berarti tersirat, sedangkan eksplisit berarti jelas.

    Selain itu, nama penulis resensi ini ialah Hendro Wiyanto, bukan Hendry Wiyanto.

    Namun, selain beberapa hal ganjil yang telah saya sebutkan di atas, tanggapan Mia sudah cukup bagus.

    BalasHapus