Selasa, 22 Maret 2016

Kritik Resensi Pesan Dagang dan Pesan Politik

Oleh: Yudha Prasetya

Resensi buku ini hanya sebatas latar belakang dari buku tersebut. Hanya terdapat identitas buku dan sinopsis. Bahkan keseluruhan isinya hanyalah sinopsis dari isi bukunya saja. Tak terdapat kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Begitu pun jenis buku dan nilai bukunya. Namun, cara peresensi menulis resensi terbilang cukup baik karena menyelipkan halaman dari kutipan yang ia tulis. Hasil penulisannya juga mendetail dan tidak terlalu bertele-tele dan ditulis dengan sangat baik dan jelas. Pemilihan bahasanya juga sangat baik sehingga bisa dibaca oleh beberapa kalangan, tidak hanya terpaut pada kalangan tertentu. Namun, jika diselaraskan dengan teori resensi Gorys Keraf, tentunya resensi ini tidak memenuhi kriteria.

Dalam latar belakang terdapat tema besar. Tema besar tersebut berisi tentang tiga kisah seniman tionghoa. Hal ini dibuktikan dari sinopsis yang ditulis oleh peresensi. Ketiga tokoh tersebut digambarkan dengan jelas dengan rincian kehidupannya sangat baik.

Selanjutnya adalah deskripsinya sudah sangat jelas bahwa hanya sinopsis bukunya saja. Peresensi tidak memberikan informasi lebih tentang isi buku. Hal ini dirasa kurang baik karena tentunya akan mempengaruhi minat pembeli juga.

Yang terakhir terdapat dalam resensi ini adalah identitas buku. Identitas buku yang terdapat dalam resensi ini terbilang hampir lengkap. Peresensi hanya tidak melampirkan harga buku. Namun, untuk yang lainnya lengkap. Judul buku tersebut adalah Melipat Air: Jurus Budaya Pendekar Tionghoa. Penulis dari buku tersebut adalah Agus Dermawan. Buku tersebut diterbikan oleh Kepustakaan Populer Gramedia, Jakarta. Tebalnya adalah 307 halaman. Ini adalah edisi pertama yang terbit pada Februari 2016. Dengan identitas buku ini, pembeli juga akan mendapat informasi mengenai buku tersebut.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. pertama untuk keterkaitan antar paragraf satu dan dua cukup baik namun, tampaknya penulis hanya terfokus pada kelebihannya saja.belum membahas kekurangan isi resensi secara menyeluruh.

    BalasHapus